BKKBN Apresiasi Peran Fapsedu untuk Dukung Program KKBPK Sultra
Keterangan Gambar :

BKKBN Apresiasi Peran Fapsedu untuk Dukung Program KKBPK Sultra

65 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – BKKBN Sultra mengapresiasi peran Forum Antar Umat Beragama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan (Fapsedu) sebagai pemuka lintas agama dalam mendukung program Kependudukan dan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Sultra.

Komitmen antara Fapsedu dan BKKBN diwujudkan agar masing-masing pihak berperan aktif dalam hal kependudukan berdasarkan prinsip-prinsip dan nila-nilai agama yang dianutnya.

“BKKBN sangat mengapresiasi kehadiran FAPSEDU yang memiliki peranan penting sebagai sarana advokasi komunikasi informasi dan edukasi, , sarana jejaring membangun aliansi antar pemuka agama, serta menjadi pusat dan sarana pertukaran informasi mengenai kependudukan,” ujar Kepala Perwakilan BKKBN Sultra Ali Ismali, Senin (13/3/2017)

Sementara itu, Ketua Fapsedu Sultra Muslim menjelaskan bahwa dalam kaitannya dengan peningkatan program KB, Fapsedu melakukan pendekatan nyata melalui komunikasi verbal kepada masyarakat dengan menitikberatkan pada proses mengatur angka kelahiran, dengan tetap berpegang kepada ajaran keyakinan masing-masing.

“Sebagai contoh, niat untuk menekan angka kelahiran bukan karena takut miskin atau berburuk sangka terhadap rejeki sang pencipta. Namun dengan alasan yang bisa diterima yakni karena penyakit, atau resiko lainnya seperti jarak kehamilan yang dekat sehingga angka kelahiran harus ditekan,’’ jelas Muslim.

Untuk diketahui sejak program KB dilaksanakan 1970-2002, angka kelahiran total (Total Fertility Rate) berhasil diturunkan dari 5,6 anak per wanita menjadi 2,6 anak per wanita dalam kurun waktu 3 dekade.

Namun dalam suatu dekade berikutnya yakni sejak 2002 hingga 2012 angka tersebut stagnan. Karena itu, BKKBN hingga saat ini focus menitikberatkan program KKBPK sebagai solusi atas permasalahan kependudukan yang terjadi di Sultra. (C )

About author

Alifiandra Lala

Reporters. Graduated from faculty of science admnstrasi, Haluoleo University, Southeast Sulawesi. Stay on city of Kendari, Southeast Sulawesi. Street in Supu Yusuf 2. I love traveling, writing, poetry and singing. I am very pleased to have the opportunity to work in radarsultra.co.id. Thank you for the trust and the opportunity that has been given.