BI Sultra: Perekonomian Sultra Masih Aman
Keterangan Gambar : KPw BI Sultra Minot purwahono (tengah)

BI Sultra: Perekonomian Sultra Masih Aman

69 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Melalui evaluasi menyeluruh terhadap perekonomian Sultra yang dilakukan Bank Indonesia (BI) Sultra, kinerja perekonomian Sultra di masih tetap aman. Pertumbuhan ekonomi Sultra pada triwulan IV 2016, mencapai 7,6% year of year (YOY) lebih tinggi dari triwulan sebelumnya hanya 6,0%.

‘’Kenaikan tersebut didorong oleh perbaikan kinerja ekspor sejalan dengan peningkatan kinerja lapangan usaha pertambangan dan lapangan usaha pertanian dan perikanan,’’ ujar Kepala Perwakilan (KPw) BI Sultra, Minot Purwahono.

Dikatakan perkiraan pertumbuhan ekonomi tersebut searah dengan perkiraan perekonomian Indonesia dan Dunia yang juga mengalami peningkatan.

“Pertumbuhan ekonomi Sultra juga terpengaruh oleh kondisi pertumbuhan ekonomii dunia” ujarnya saat ditemui disalah satu tempat makan di Kendari, Rabu, (1/3)

Memperkirakan berbagai indikator dan perkembangan terkini, perekonomian Sultra pada tahun 2017 diperkirakan dapat tumbuh lebih tinggi lagi dengan baseline sebesar 6,6% sampai dengan 7,0% (yoy).

Beberapa asumsi katanya yang menjadi pendorong perekonomian di Sultra tahun 2017 seperti peningkatan kinerja lapangan usaha utama, peningkatan konsumsi rumah tangga, peningkatan ekspor komoditas utama dan peningkatan realisasi investasi.

‘’BI Sultra akan terus berkoordinasi dann bersinergi dengan pemerintah dan stakeholders dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan upaya pengendalian inflasi daerah,’’ katanya. (C )