BI Sultra Ajak Masyarakat Gunakan QRIS Pada Festival Kuliner Ramadhan 2022

BI Sultra Ajak Masyarakat Gunakan QRIS Pada Festival Kuliner Ramadhan 2022

14 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya mengajak dan membiasakan masyarakat untuk memanfaatkan sistem transaksi non tunai khususnya dengan menggunakan kanal pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dari BI.

Ketgam: BI Sultra ajak masyarakat gunakan QRIS pada Festival Kuliner Ramadhan 2022.

Salah upaya BI tersebut yaitu dengan mengajak masyarakat untuk menggunakan QRIS dalam melakukan transaksi pada Festival Kuliner Ramadhan 2022 di pelataran Eks. MTQ Kendari.

Asisten Manager Unit Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran BI Sultra, Perdana Wahyu mengatakan, dengan menggandeng pelaku UMKM yang ada di Festival Kuliner Ramadhan 2022 ini, pihaknya berharap agar masyarakat dan juga pelaku UMKM akan semakin terbiasa dalam memanfaatkan transaksi non tunai dalam berbelanja ataupun melakukan transaksi lainnya.

Kami menyediakan kupon belanja untuk masyarakat yang berbelanja di event ini, tiap orang mendapatkan 5 kupon belanja senilai total Rp. 25 ribu dan untuk menggunakannya masyarakat hanya perlu melakukan pembayaran sebesar Rp. 1,- di merchant yang ada disini dengan menggunakan sistem pembayaran non tunai apa saja setelah itu masyarakat bisa menggunakan kupon tersebut untuk berbelanja,” ujarnya saat diwawancarai di Festival Kuliner Ramadhan 2022, Minggu, (24/04/2022).

Ketgam: BI Sultra ajak masyarakat gunakan QRIS pada Festival Kuliner Ramadhan 2022.

Sementara itu, Ketua Komunitas Kuliner Kendari (Tripelka), Muhammad Yusri menggungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilakukan BI Sultra dalam mendorong penggunaan transaksi non tunai dengan melibatkan para pelaku UMKM di Festival Kuliner Ramadhan 2022 ini.

Kami mengapresiasi komitmen BI dalam mendukung perkembangan pelaku UMKM dan setelah ini kedepannya akan menjadi peran kami juga di Tripelka dan UMKM lainnya agar bagaimana menerapkan transaksi non tunai di outlet-outlet kami sehingga pembeli juga bisa terbiasa menggunakan transaksi non tunai,” kata Yusri.

Ketgam: BI Sultra ajak masyarakat gunakan QRIS pada Festival Kuliner Ramadhan 2022.

QRIS sendiri adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan BI agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjag​a keamanannya. Melalui pemanfaatn QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari penyelenggara manapun baik bank dan non bank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, maupun donasi yang berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di pedagang berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.

Your email address will not be published. Required fields are marked *