Bertahan di Zona Hijau, ini Update Kasus Covid-19 di Butur Hari ini
Keterangan Gambar : Update Kasus Covid-19 di Butur Hari Ini

Bertahan di Zona Hijau, ini Update Kasus Covid-19 di Butur Hari ini

335 views
0

Buton Utara, Radarsultra.co.id – Hingga saat berita ini di terbitkan, kabupaten Buton Utara (Butur) masih dalam kriteria zona hijau untuk kasus wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Update Kasus Covid-19 di Butur Hari Ini

Data sebaran kewaspadaan Covid-19 di Butur Hingga10 April 2020 pukul 21.00 Wita tidak menunjukan adanya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ataupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Adapun kasus Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Butur berjumlah 68 kasus yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Buton Utara.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTC-19) Butur, dr. Ali Badar mengatakan 68 kasus ODP tersebut masing-masing berasal dari Kecamatan Wakorumba Utara (Wakorut) 5 (lima) kasus, Bonegunu 3 (tiga) kasus, Kioko 2 (dua) kasus, Waode Buri 5 (lima) kasus, Bonerombo 9 kasus, Lambale 5 (lima) kasus dan Kecamatan Kulisusu 38 kasus.

Dari total ODP 68 orang, sisa 13 yang masih pemantauan. 55 orang ODP sdh di nyatakan sehat,” kata Ali Badar saat dikonfirmasi via WhatsApp, Sabtu, (11/04/2020).

Sebagian besar (ODP) adalah pelajar, kebanyakan dari daerah Kendari, selebihnya masuk dari daerah lain yang kategori daerah transmisi lokal,” lanjutnya.

Selain kasus ODP, GTC-19 Butur juga melakukan isolasi mandiri terhadap masyarakat yang berdatangan dari luar daerah Butur, khsusnya dari daerah Zona Merah Covid-19 dan saat ini setidaknya terdapat kurang lebih 100 orang yang menjalani isolasi mandiri yang tersebar di seluruh wilayah Butur.

Sesuai arahan Bupati Butur, Abu Hasan, penerapan isolasi mandiri dijamin oleh Pemerintah Setempat baik itu Camat, Kepala Desa (Kades) atau lurah.

“ODP memiliki gejala. sementara Isolasi Mandiri mereka tanpa gejala tapi pemerintah setempat membantu fasilitasi mereka agar lebih mudah diawasi. Khawatirnya nanti mereka tidak disiplin di rumah dan meresahkan masyarakt setempat,” ungkapnya.

Untuk diketahui, data sebaran kewaspadaan Covid-19 Butur akan di-update dalam waktu kurang lebih 12 jam sekali.