Benteng Lipu Kulisusu Masuk 10 Besar Nominasi API Awards 2020 Kategori Situs Sejarah
Keterangan Gambar :

Benteng Lipu Kulisusu Masuk 10 Besar Nominasi API Awards 2020 Kategori Situs Sejarah

71 views
0

Butur, Radarsultra.co.id – Pesona Benteng Lipu Kulisusu, Kabupaten Buton Utara (Butur), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah berhasil mengantarkannya ke dalam 10 besar Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2020 kategori situs sejarah.

Tidak tanggung-tanggung, berdasarkan surat panitia penyelenggara tentang daftar nominasi API pada 1 Juli 2020 kepada para Kepala Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Benteng Lipu Kulisusu berada di posisi pertama dengan keyword API 12A dan akan bersaing dengan 9 (sembilan) Kabupaten kota lainnya.

Butur ini masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020, jadi ada beberapa kabupaten/kota di Indonesia dan kebetulan Butur masuk dalam situs sejarah sehingga kita masuk di benteng Lipu Kulisusu dan kita sekarang itu masih di nominasi teratas,” kata Harlin Hari, Senin, (27/07/2020).

Benteng Lipu Kulisusu akan bersaing ketat dengan Fort Rotterdam Makassar, Istana Alwatzikoebillah Kabupaten Sambas, Istana Damnah Kabupaten Lingga, Kawasan Kota Tua Jakarta, Liang Bua Riteng Kabupaten Manggarai, Museum Timah Kota Pangkal Pinang, Situs Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara, Taman Tirta Gangga Kabupaten Karang Asem dan Tugu RRI Rimba Raya Kabupaten Bener Meriah.

Kita akan bersaing dengan 10 kabupaten, kita lagi rancang videonya, kemudian fotonya, kemudian kita kirim ke panitia API di pusat kemudian itu akan dinilai melalui SMS dan Instagram,” ungkap Harlin Hari.

Untuk di wilayah Sulawesi Tenggara, Harlin hari mengungkapkan terdapat 3 (tiga) situs atau destinasi yang masuk dalam nominasi API 2020 yaitu Benteng Lipu Kulisusu untuk situs sejarah, Sungai terpendek Tamborasi Kolaka Utara di situs destinasi wisata dan Kabupaten Buton Selatan untuk destinasi wisata alam.

Seluruh Indonesia di Sulawesi Tenggara hanya di Buton Utara untuk di kategori situs sejarah,” lanjutnya.

Untuk bisa bersaing dan memenangkan nominasi tentunya Benteng Lipu Kulisusu membutuhkan dukungan penuh dari seluruh masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Buton Utara.

Dukungan bisa diberikan melalui SMS dengan cara ketik SMS sesuai Keyword (API 12A) dan kirim ke 99386, selain itu, netizen juga dapat memberikan dukungan melalui akun Instagram @apiaward dengan cara memberikan tombol like sebanyak-banyaknya ke gambar nominasi Benteng Lipu Kulisusu.