Belum Kantongi Izin, OJK Sultra Imbau Masyarakat Tidak Berinvestasi di VTube
Keterangan Gambar : Kepala OJK Sultra, Mohammad Fredly Nasution

Belum Kantongi Izin, OJK Sultra Imbau Masyarakat Tidak Berinvestasi di VTube

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) menghimbau masyarakat agar tidak melakukan investasi di PT. Future View Tech (VTube).

Ketgam: kegiatan Bijak 2021 OJK Sultra bersama awak media

Hal ini disebabkan VTube belum memiliki izin dan berdasarkan siaran pers dari Satgas Waspada Investasi (SWI) , yaitu siaran pers nomor SP 06/SWI/VII/2020 tanggal 3 Juli 2020, menyatakan bahwa VTube merupakan investasi illegal.

Terkait hal tersebut, Kepala OJK Sultra, Mohammad Fredly Nasution menghimbau kepada masyarakat agar bisa berhati-hati dalam memilih produk investasi khususnya entitas yang belum mengantongi izin resmi dan illegal sebab kedepannya dapat berpotensi merugikan.

Untuk itu, kami meminta agar entitas-entitas yang belum memiliki izin ini agar segera menyelesaikan legalitasnya sebelum melaksanakan bisnisnya,” ujarnya dalam kegiatan Bincang Jasa Keuangan bersama awak media, dikantor OJK Sultra, Jumat, (05/02/2021).

Untuk di Sultra sendiri, lanjut Fredly, investasi VTube mulai marak dengan memanfaatkan aplikasi media sosial dan berdasarkan pemantauan, ada sekitar 200 hingga 300 warga yang terdaftar menggunakan produk tersebut.

Sepanjang izin belum didapatkan, status Vtube masih sebagai entitas illegal,” katanya.

Untuk diketahui, SWI telah mengarahkan Vtube untuk memperbaiki mekanisme usaha agar sesuai dengan ketentuan dan peraturan seperti mengganti transaksi yang menggunakan mata uang asing (dolar) menjadi mata uang Indonesia (Rupiah), tidak menggunakan sistem referral karena jasa periklanan, mengganti mekanisme penjualan jual beli antar anggota, menertibkan
komunitas promosi (marketing) untuk sehingga tidak memiliki perbedaan sistem pemasaran produk yang sedang diusulkan untuk mendapatkan legalitas, hingga melakukan kegiatan dengan menggunakan server di Indonesia.