Beasiswa AMAN Untuk Pelajar dan Mahasiswa yang Mampu Secara Akademik
Keterangan Gambar :

Beasiswa AMAN Untuk Pelajar dan Mahasiswa yang Mampu Secara Akademik

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Kampanye pasanagn Calon Gubernur (Cagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2018 – 2023, Ali Mazi – Lukman Abunawas (Aman) di Kecamatan Maligano, Kabupaten Muna Timur, Minggu 27 Mei 2018 disambut gembira oleh kalangan akademik setempat.

Bukan hanya pelajar, sejumlah orangtua dan tenaga pengajar memiliki pandangan tersendiri atas program beasiswa Aman tersebut yang memandang upaya dengan menyediakan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa akan meringankan beban mereka dalam pembiayaan pendidikan.

Salah satu masyarakat Maligano, l Bapak La Gunu, yang diberi kesempatan bertanya pada agenda kampanye Aman yang dilaksanakan di Lapangan Maligano, Desa Lapole, Kecamatan Maligano, Kabupaten Muna Timur turut menyatakan bahwa dia sangant sambutan baik atas program beasiswa Aman tersebut.

Menurutnya prestasi pelajar dan mahasiswa asal Muna Timur pada umumnya, dan Maligano khususnya tidak boleh dipandang remeh.

“Khususnya pelajar dan mahasiswa dari desa Lapole ini, banyak dari mereka yang kini bersekolah di ibu kota provinsi, telah memperlihatkan prestasi yang signifikan, sehingga program kerja beasiswa ini menjadi pencerah kami di sini,” tegas La Gunu dihadapan Ali Mazi dan ratusan masyarakat yang menghadiri agenda Kampanye Aman, Minggu, (27/5/2018).

Menanggapi hal tersebut, Cagub Ali Mazi menyatakan bahwa dirinya siap mengadakan program beasiswa untuk seluruh wilayah Sultra dengan tujuan dan harapan dapat menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki daya saing dan mampu mengantarkan Sultra menuju peradaban yang lebih baik.

“Program beasiswa ini kami sediakan untuk semua palajar dan mahasiswa berprestasi di Sulawesi Tenggara, termasuk masyarakat desa Lapole dan Maligano, terlebih Muna Timur.” kata Ali Mazi.

Menurut Ali Mazi, penting bagi Sultra untuk mendorong pembiayaan pendidikan bagi semua warganya yang memiliki indeks prestasi akademik yang tinggi.

“Mereka aset daerah, sehingga penting untuk mendorong mereka mencapai tingkat pendidikan yang tinggi. Kelak apa yang mereka peroleh dari pendidikan mereka bisa dimanfaatkan untuk membangun daerah masing-masing,” tukasnya.

Program Beasiswa AMAN secara mendasar akan menyentuh pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Di tahap selanjutnya akan diberikan pula kepada pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Strata Pertama (S1).

“Dalam kondisi khusus, juga akan kami berikan bagi mahasiswa program magister dan doktoral,” ujarnya.

Tidak menutup kemungkinan, program beasiswa Aman juga akan mencakup program beasiswa untuk  program magister dan doktoral di luar negeri.

“Semua kemungkinan terbuka bila kita mau dan kami mendapat dukungan penuh dari masyarakat Sulawesi Tenggara,” tutupnya. (B)