Bapenda Kota Kendari Rancang Layanan Pajak Menyapa
Keterangan Gambar : Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain K (kiri) bersama Kepala Bapenda Sri Yusnita (Kanan)

Bapenda Kota Kendari Rancang Layanan Pajak Menyapa

21 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Badan Pengelola Pajak Daerah (Bapenda) Kota Kendari kembali menggagas inovasi layanan baru untuk masyarakat Kota Kendari.

Ketgam : pemkot kendaei dalam pertemuan terkait persentase layanan pajak online

Inovasi tersebut yaitu layanan Pajak Menyapa yang merupakan sistem layanan pembayaran pajak yang akan terintegrasi secara online.

Layanan ini bertujuan untuk semakin memudahkan masyarakat Kota Kendari dalam membayar pajak, selain itu layanan Pajak Menyapa ini juga diharapkan akan dapat meminimalisir kebocoran dari pembayaran pajak.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir menjelaskan, layanan tersebut akan diimplementasikan secara bertahap dan sebagai tahap awal akan dimulai dengan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan jika tahap awal ini sukses, maka kedepannya Pemkot Kendari akan menerapkannya pada sejumlah pembayaran tagihan pajak lainnya.

Kita berharap pembayaran itu lebih mudah dilakukan oleh masyarakat, kemudian kita juga bisa menghindari kebocoran, artinya kalau dilakukan pembayaran secara elektronik maka pembayaran yang dilakukan sesuai kewajiban masyarakat,” ujarnya.

Untuk menindak lanjuti rencana ini, Bapenda Kota Kendari sebelumnya telah menggelar pertemuan secara virtual di rujab Wali Kota Kendari guna mendengarkan persentasi pihak biller agregator mengenai proses bisnis pembayaran pajak online yang dilakukan salah satu vendor penyedia layanan, yaitu PT Jatelindo pada Senin, (20/07/2020).

Selain itu, Kepala Bapenda Kota Kendari Sri Yusnita menjelaskan, sebagai penyelenggara layanan pajak, Bapenda akan menyiapkan aplikasi yang memudahkan para wajib pajak membayar kewajibannya.

Kita mau menghadirkan aplikasi pelayanan melalui smart phone termasuk di dalamnya ada layanan pembayaran. Sekarang on proses mencari vendornya dan biling agregatornya akan bekerjasama dengan bank dan Pemkot sendiri,” jelasnya.