Bantu Nelayan di Masa Pandemi, Wali Kota Kendari Upayakan Pengadaan Alat Tangkap Ikan
Keterangan Gambar : Walikota Kendari, H. Sulkarnain K, SE, ME

Bantu Nelayan di Masa Pandemi, Wali Kota Kendari Upayakan Pengadaan Alat Tangkap Ikan

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengupayakan pengadaan Alat Penangkapan Ikan untuk membatu para nelayan di Kota Kendari dimasa pandemi Covid-19.

Politisi Golkar NAP Sampaikan Bela Sungkawa Atas Wafatnya Istri Gubernur Sultra

Hal tersebut diupayakan Sulkarnain dengan mengusul ke Direktorat Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sebab menurutnya, pengadaan sarana perikanan dan alat tangkap nelayan sangat penting dalam rangka meningkatkan produktifitas nelayan di masa pandemi ini.

“Saya harap semua bisa bersabar, mudah-mudahan usulan kita disetujui dan kita akan kawal terus usulan ini,” ujarnya, Senin, (12/07/2021).

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Perikanan Kendari, Imran Ismail menjelaskan, sesuai instruksi dari bapak Wali Kota, pihaknya telah kembali mengajukan permohonan bantuan sarana perikanan dan alat tangkap nelayan pada KKP untuk tahun 2021 ini.

“Bantuan yang kami usulkan itu untuk sarana perikanan seperti perahu, cool box serta bantuan alat tangkap seperti pancing rawai, pancing tuna, jaring, jaket pelampun dan keperluan nelayan lainnya,” jelasnya.

Isteri Gubernur Sultra Agista Ariany Tutup Usia

Jika berhasil, lanjut Imran, bantuan nantinya akan disalurkan kepada nelayan yang tergabung dalam koperasi usaha bersama (KUB) atau kelompok nelayanan lainnya serta bagi mereka yang memiliki kartu pelaku usaha bidang kelautan dan perikanan (Kusuka).

“Saat ini dari 6.989 nelayan di Kendari baru 4.000 nelayan yang memiliki kartu kusuka. Mereka tersebar diseluruh kecamatan pesisir seperti Kecamatan Kendari, Kendari Barat, Mandonga, Kambu, Poasia, Abeli dan Nambo,” katanya.