Atasi Peningkatan Sampah, Pemkot Kendari Tambah Armada Pengangkut Sampah
Keterangan Gambar : Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir

Atasi Peningkatan Sampah, Pemkot Kendari Tambah Armada Pengangkut Sampah

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Sebagai bentuk penanganan terkait masalah sampah yang terus meningkat di Kota Kendari, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menambah 9 unit armada pengangkut sampah. Selasa, (14/09/2021).

Wali Kota Kendari Target PPKM Berikutnya Turun ke Level 2

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengatakan, penambahan armada ini dilakukan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi terus meningkatnya jumlah produksi sampah di Kendari yang disebabkan salah satunya karena meningkatnya jumlah populasi dan juga kurangnya pemahaman masyarakat terkait masalah sampah.

“Berdasarkan data BPS, tiap tahunnya, jumlah penduduk kita bertambah 3,1 persen dan kini sudah mencapai 350 ribu jiwa. Setiap satu jiwa itu bisa memproduksi sampah 0,8 – 1 kg perhari. Jadi kalau kita rata-rata per hari itu sekitar 400 ton,” ujarnya.

Zona Merah Berkurang, Sulkarnain Harap Semua Pihak Tidak Lengah

Selain penambahan armada, lanjut Sulkarnain, berdasarkan survei dari lembaga pendamping, pihaknya juga akan menghilangkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berada di sepanjang jalan protokol Kota Kendari.

Ini kami lakukan berdasarkan hasil evaluasi lembaga pendamping yang menyebut kehadiran TPS membuat warga tak tertib mengelola dan membuang sampah tepat waktu,” kata Sulkarnain.

Untuk diketahui, saat ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari mencatat, di tahun 2021, sampah yang dihasilkan warga mencapai 400 ton per hari, meningkat 140 ton dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 260 ton. Untuk itu, Pemkot Kendari tengah mengupayakan penambahan 9 unit armada pengangkut sampah yang terdiri dari 3 unit Dump Truck, 5 unit Arm Roll, dan 1 unit Compector Truck termasuk juga menambah sekitar 100 gerobak pengangkut sampah sebagai pendukungnya.