Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2019, Seluruh Personil Dipastikan Siap Amankan Natal dan Tahun Baru
Keterangan Gambar : Kapolda Sultra, BrigjendPol. Merdisyam

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2019, Seluruh Personil Dipastikan Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

60 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Untuk memastikan kesiapsiagaan seluruh personel dan peralatan pengamanan yang akan dilibatkan dalam operasi Lilin Anoa 2019, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama seluruh unsur terkait melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Lapangan Bhayangkara Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sultra.

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2019, Seluruh Personil Dipastikan Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

Apel Gelar Pasukan tersebut diikuti oleh seluruh unsur terkait yakni TNI-POLRI, Badan Intelejen Nasional (BIN) BNNP, Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya.

Dalam amanatnya, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi. Idham Azis yang dibacakan oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sultra, BrigjendPol. Merdisyam mengatakan, selain untuk memastikan kesiapsiagaan personil dan peralatan, apel gelar pasukan juga dilaksanakan untuk memastikan soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari Senin 23 Desember 2019, sampai dengan hari Rabu 1 Januari 2020,” kata Kapolda Sultra, Kamis, (19/12/2019).

Secara keseluruhan, Fokus pengamanan dalam operasi ini adalah 61.308 obyek di seluruh
Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara.

Dalam pelaksanaannya, operasi lilin akan melibatkan 191.807 personel pengamanan gabunganyang terdiri atas 121.358 personel Polri, 17.190 personel TNI, serta 55.259 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja,Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya.

Untuk di wilayah hukum Polda Sultra, jumlah personil yang akan dilibatkan sebanyak 3.187 personil gabungan dari Polri, TNI, Dishub, Pol PP, Jasa Raharja, Damkar, Pramuka, Dinkes, Senkom, Orari, ASDP/ADPEL, Basarnas, PLN, PMI dan BPBD.

Ditemui usai apel gelar pasukan, Komandan Korem (Danrem) 143/Halu Oleo (HO) Kolonel Inf Yustinuis Nono Yulianto, S.E., M.Si., menegaskan komitmennya dalam menjaga keamanan dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat Sultra dalam menyambut perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020.

Kami dengan bapak kapolda berkomitmen memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah Sultra dalam menyambut natal dan tahun baru,” tegasnya.

Mewakili unsur Pemerintah Daerah (Pemda), Pelaksana Jabatan (PJ) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi, Sultra, LaOde Ahmad Pidana Balombo juga memastikan seluruh stakeholder terkait akan melaksanakan tugas dengan baik sesuai tupoksinya masing-masing.

Selaku pemerintah daerah tentu akan mendukung membantu kepolisian daerah bersama stakeholder terkait dan memastikan bahwa persiapan pengamanan Natal dan tahun baru di wilayah hukum Polda Sultra itu tersinergi dengan baik dan akan berlangsung dengan lancar, aman, nyaman dan selamat,” pungkasnya.