Antisipasi Lonjakkan Pasien Covid-19, Tiga Ruang Khusus Disiapkan Pemkot Kendari
Keterangan Gambar : Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir, S.E., M.E.

Antisipasi Lonjakkan Pasien Covid-19, Tiga Ruang Khusus Disiapkan Pemkot Kendari

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 di Kendari, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari telah menyiapkan tiga ruangan khusus untuk pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan terutama yang terpapar disertai dengan gejala berat.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir menjelaskan, ketiga ruangan khusus yang disiapkan pihaknya untuk merawat warga yang terpapar Covid-19 adalah Pusat Penanganan Penyakit Infeksi (Infection Center), Ruang Sakura, dan Ruang Lavender yang berada di RSUD Kota Kendari.

“Untuk sementara kami pusatkan di RSUD Kendari sambil menunggu pembangunan rumah sakit baru yang akan dilaksanakan mulai tahun ini,” katanya.

Ketgam: Pusat pelayanan penyakit infeksi RSUD Kota Kendari

Sementara itu, Direktur RSUD Kendari dr. Sukirman mengungkapkan, bahwa pihaknya telah menyiapkan tiga ruang khusus tersebut dengan kapasitas masing-masing 100 bed yang dilengkapi dengan petalatan penanganan pasien Covid-19.

“Memang terjadi peningkatan, tapi untuk perawatannya tersebar diseluruh rumah sakit swasta dan negeri di Kendari. Saat ini kita merawat sekira 90 pasien Covid-19. Jika ada tambahan tentu kita bersiap karena ada tiga ruangan dengan kapasitas masing-masing 100 bed,” kata Sukirman.

Wali Kota Kendari: Peningkatan Pasien Sembuh Covid-19 Tak Lepas dari Kerja Keras Nakes

Warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan juga tidak perlu khawatir untuk datang ke RS, sebab petugas medis sudah membuat batasan atau jalur khusus pasien umum. Sehingga kecil kemungkinan menjadi sumber penularan.

“Meskipun begitu, Pasien yang berobat juga kita wajibkan mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, jaga jarak,” ungkapnya.