Anggaran Minim, Bupati Butur Upayakan Pembangunan Jalan Kabupaten Rampung di 2020
Keterangan Gambar :

Anggaran Minim, Bupati Butur Upayakan Pembangunan Jalan Kabupaten Rampung di 2020

228 views
0

Buton Utara, Radarsultra.co.id – Bupati Buton Utara, (Butur) Abu Hasan mengungkapkan, Kabupaten Butur merupakan daerah yang memiliki jalan terpanjang diantara semua kabupaten di daratan Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang sudah dimekarkan.

Untuk membangun jalan tersebut, tentunya Pemerintah Daerah (Pemda) membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Kondisi berbanding terbalik dengan kenyataan, anggaran yang dimiliki Kabupaten Butur dikatakan Abu Hasan masih sangat minim. Kendati demikian, dengan anggaran yang tipis, Pemda Butur meyakini mampu menyelesaikan pembangunan jalan secara bertahap.

“Kita sebenarnya bagian dari Kabupaten Muna, tapi setelah menjadi kabupaten kita masuk wilayah Buton. Dari semua daerah yang dimekarkan di Pulau Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Bau-bau, kitalah yang memiliki jalan yang terpanjang, oleh karena itu pembangunannyapun kita lakukan secara bertahap tapi pasti, saya yakin pasti. Jalan provinsi pasti dibangun, saya yakin, kita akan bangun komunikasi dengan gubernur, dengan segala hubungan-hubungan baik yang kita pelihara,” kata Abu Hasan yang ditemui usai acara ramah tamah puncak perayaan HUT ke-74 RI di Rujab Bupati Butur, Sabtu malam, (17/08/2019).

“Kalau APBD kewenangan kita untuk mengalokasinya, jalanan, jembatan InshaAllah pasti selesai, cuma memang kita butuh waktu karena harus secara bertahap dan sesuai dengan kemampuan daerah,” lanjutnya.

Abu Hasan mengatakan, kemampuan anggaran yang dimiliki kabupaten Butur saat ini hanya mengandalkan dana transfer, sebab menurutnya meskipun APBD Butur masih terus meningkat, namun peningkatannya belum begitu signifikan,

“Kemampuan daerah yang kita andalkan hari ini adalah dana transfer karena APBD kita masih terus meningkat tapi peningkatannya belum luar biasa karena masih ada potensi-potensi PAD yang kita akan mulai garap tahun depan karena baru kita memiliki payung hukum peraturan daerah,” ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya menargetkan pengerjaan jalan kabupaten akan rampung pada tahun 2020 mendatang, sementara untuk jalan provinsi, pihak Pemda Butur masih terus membangun komunikasi dengan Gubernur Sultra, Ali Mazi terkait pembangunan jalan Provinsi di Butur.

“Saya kira dua tahun sampai 2020 jalan kabupaten itu selesai dan jalan provinsi tergantung Gubernur dan Gubernur juga sudah berjanji bahwa beliau akan mengalokasi anggaran untuk menyelesaikan jalan provinsi. Buktinya tahun ini jalan provinsi sudah mulai dibangun, empat titik di wilayah antara batas Buton dengan Kulisusu tahun ini dibangun, mudah-mudahan perubahan anggaran juga ada, sehingga 2020 juga beban untuk jalan provinsi makin ringan” tukasnya.