Akan Dibuka Rute Penerbangan Bali-Wakatobi-Toraja
Keterangan Gambar :

Akan Dibuka Rute Penerbangan Bali-Wakatobi-Toraja

103 views
0

Wakatobi, Radarsultra.co.id – Tiga rute jalur penerbangan udara untuk wisata Indonesia Bali-Wakatobi-Toraja akan dibuka tahun ini. Rencana ini diinisiasi langsung oleh maskapai Garuda Indonesia yang menempatkan Wakatobi dan Toraja sebagai jalur baru setelah Bali.

Menteri Perhubungan RI,Ir. Budi Karya Sumadi saat kunjungan kerjanya, Sabtu (18/2/2017) di Bandara Matahora menjelaskan kehadirannya di Wakatobi untuk memastikan kesiapan Bandara Matahora yang lebih dulu dibuka jalur penerbangan awal ke Bandara Ngurah Rai, Bali.

“Untuk memastikan ini berjalan baik bagaimana penerbangan yang menuju Wakatobi ini dilaksanakan secara benar, cepat disitu tujuan wisata tentunya ada satu konsep culture ada keramaian akan datang lagi seandainya dengan dasar itu paling tidak kita buat koneksitas antara Wakatobi dengan Bali,” ujarnya.

Rencananya akan dibahas jadwal penerbangan antara Bali-Wakatobi ditentukan berapa kali seminggu, lalu menentukan nilai besaran subsidi yang akan diberikan kepada pihak maskapai komersial itu.

“Mimpi saya adalah kalau ini sudah jadi kita akan tempatkan Bandara di Toraja kurang lebih enam bulan lagi dengan kapasitas ABR artinya bila ini terjadi suatu penerbangan sangat menarik. Dari Bali Culture menuju Wakatobi yang alam kemudian menuju ke Toraja yang magis Jadi satu kombinasi yang baik,” ungkapnya.

Sesuai penjelasannya bahwa para wisatawan lebih menginginkan penerbangan wisata ini terkoneksi semua agar mudah ditempuh dengan langkah, maka upaya mendorong target wisata secara nasisonal biasa dicapai.

“Kalau turis itu bilang pokoknya kami mau ke tujuan wisata tidak mau kompromi ke yang lain-lain. Harapan saya hari ini sudah terhubung antara Garuda dan Pak Bupati tinggal bagaimana kita meramunya untuk sepakat jadwal apakah seminggu sekali atau dua kali,’’ paparnya..

Mengenai kualitas Bandara Matahora Menteri pengganti Ignatius Jonan ini menilai telah cukup baik panjang maupun ukuran lebarnya.

“PCN-nya masih dibawah 24 dan 25 sebenarnya itu cukup untuk ATR tetapi tahun ini kita overland antara 35 hingga 38. Kita overland, paling butuh Rp 200 miliar untuk anggaran pengembangan,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Wakatobi,H. Arhawi menyebut kesiapan kerjasama antara pemda Wakatobi dengan pihak maskapai Garuda Indonesia dengan rencana lanjutan pemberian subsidi setelah masa pemerintahan sebelumnya pernah diberikan pihak Maskapai Lion Air

“Jangan berandai-andai yang penting ada semangat setelah Garuda ini masuk dari Bali-Ke Wakatobi dan bisa saja nanti dari Wakatobi-Kendari dan langsung Manado sehingga akses destinasi wisata nasional ini Insya Allah tercapai. Target 40 ribu wisatawan, kita optimis dari waktu ke waktu kita akan perbaiki kekurangan jika masih kurang,” jelasnya. (c)

About author