Abu Hasan Serahkan Pagu Anggaran Desa Lantagi Sebesar Kurang Lebih 1 Miliar
Keterangan Gambar : Abu Hasan Serahkan Pagu Anggaran Desa Lantagi

Abu Hasan Serahkan Pagu Anggaran Desa Lantagi Sebesar Kurang Lebih 1 Miliar

92 views
0

Butur, Radarsultra.co.id – Desa Lantagi, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara (Butur), telah menerima pagu anggaran Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa (DD dan ADD) tahun 2020 pada Sabtu sore, 4 Januari 2020 lalu.

Pagu anggaran tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan kepada Kepala Desa Lantagi, Ramli Saleh dalam rangkaian pesta adat kampung Desa Lantagi, Kecamatan Kulisusu yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya pada awal bulan Januari.

Bupati Butur, Abu Hasan mengatakan, alokasi dana untuk Desa yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan dan petani ini yaitu sebesar kurang lebih 1 (satu) miliar rupiah.

Insya Allah Alokasi Dana Desa (ADD),nya lebih satu miliar, dana Dana Desa (DD)nya enam ratus juta, untuk di manfaatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat masyarakat desa lantagi untuk membiayai belanja pegawai perangkat desa,” kata Abu Hasan.

Lanjut, Abu Hasan mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Butur, ia mengucapkan apresiasi, atas kegigihan kerja masyarakat yang mampu bekerja di bidang perikanan maupun perkebunan yang didukung oleh kinerja kepala Desa yang tiap tahunnya mengucurkan anggaran bantuan perikanan maupun anggaran bantuan perumahan.

Pak desa di data dengan baik” rumah yang tidak layak huni, data langsung dikoordinir oleh camat dan diserahkan kepada saya, karena dari tahun ke tahun terus kita memberikan bantuan perumahan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Abu Hasan juga meminta kepada Kepala Dinas (Kadis) Perikanan, Karya Jaya dan Kadis Pertanian, Sahrun Akri untuk terus memberikan perhatian kepada Desa Lantagi yang memiliki jumlah penduduk yang cukup besar dengan pertumbuhan penduduknya juga yang cukup tinggi.

Oleh karena itu saya meminta kepala desa, walaupun masa jabatan kepala desa tinggal satu bulan lagi tapi jasa-jasa beliau cukup besar, bersama-sama masyarakat dalam membina pemerintah, membina usaha-usaha kemasyarakatan,” imbuhnya.

Saya imbau masyarakat desa lantagi dan kepala desa ajak masyarakat kita ini menjadi masyarakat yang bekerja. saya minta program padat karya tunai agar dikembangkan di lantagi,” lanjutnya.

Sementara itu, Camat Kulisusu Rustam menyampaikan ungkapan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat Desa Lantagi yang telah berusaha melaksanakan kegiatan pesta adat dalam keterbatasannya sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat rahmat yang diturunkan ke masyarakat Desa Lantagi.

Rustam juga mengajak seluruh masyarakat Desa Lantagi bersama stakeholder untuk bersama-sama membangun desa.

Karena harapan kami, yang akan membangun desa bukan orang lain tetapi kita sendiri warga desa yang ada disini. Dan Alhamdulillah desa lantagi yang dulunya desa tertinggal sekarang masuk desa yang sementara berkembang ini atas dukungan pemerintah desa dengan masyarakat,”ujarnya.