Abu Hasan: Saya Yakin 100 Persen Daerah Akan Maju, Tanpa KKN dan Tidak Merusak Alam
Keterangan Gambar : Bupati Butur, Abu Hasan (kanan) usai memimpin uparaca peringatan HUT RI ke 75

Abu Hasan: Saya Yakin 100 Persen Daerah Akan Maju, Tanpa KKN dan Tidak Merusak Alam

258 views
1

Butur, Radarsultra.co.id – Bupati Buton Utara (Butur), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Abu Hasan memandang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang tiap tahunnya diperingati pada 17 Agustus sebagai momentum untuk menuju Indonesia Maju.

Ini adalah sebuah momentum untuk kita maju walaupun kemerdekaan itu adalah sejarah masa lalu tapi harus kita melihatnya dalam perspektif kedepan untuk kita maju,” kata Abu Hasan ditemui usai pelaksanaan Upacara HUT RI ke-75 di lapangan Raja Jin Buton Utara, Senin, (17/08/2020).

Abu Hasan mengungkapkan, Indonesia termasuk Buton Utara memiliki prasyarat-prasyarat untuk menjadi daerah yang maju. Prasyarat pertama yaitu membangun dan mengelola sumber daya alam tanpa merusak sumber daya alam itu sendiri dan tidak terjebak dalam hal-hal yang sifatnya sesaat.

Buton Utara memiliki prasyarat untuk maju, pertama kita punya sumber daya alam, syaratnya punya sumber daya alam yang kita tidak boleh rusak lingkungannya, kita tidak boleh terjebak dengan hal-hal yang sesaat. Saya ingin membangun lingkungan tanpa merusak daerah, itu intinya,” ungkapnya.

Saya ingin membangun Buton Utara makanya saya mengembangkan jargon organik supaya pembangunan berjalan, lingkungan juga tetap terjaga,” lanjutnya.

Selain menjaga alam, Abu Hasan mengatakan suatu daerah akan berkembang jika bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Yang kedua, kita punya prasyarat untuk maju tapi pemerintahan harus bersih dari KKN, kalau itu tidak bisa walaupun kita punya sumber daya alam tidak ada artinya,” terangnya.

Selain sumberdaya alam yang terjaga dan pemerintahan bersih dari KKN, untuk bisa berkembang suatu daerah juga harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dengan keahlian dan pengetahuan di bidangnya masing-masing.

Yang ketiga, sumber daya manusia kita harus siap, apakah itu sumberdaya aparatur maupun sumberdaya manusia pendidikan, makanya kita bantu pendidikan beasiswa, saya kasih kesempatan aparatur untuk melanjutkan sekolah,”

Sekarang sudah banyak aparat saya yang doktor dan master, tahun ini banyak sekali yang menyelesaikan pendidikan,” jelasnya.

Ketiga prasyarat tersebut juga harus ditunjang dengan kesabaran dan kedewasaan dalam menghadapi situasi dan dinamika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara baik itu dinamika sosial, politik, ekonomi dengan segala kondisi, progres dan degradasinya.

Itu prasyarat juga. Masyarakat harus sabar sedikit, kalau ada hal-hal yang kurang, harus sabar sedikit karena tidak ada kesempurnaan yang namanya karya manusia, yang ada kesempurnaan itu hanya ciptaan Allah,”

“Jadi masyarakat harus sabar, kalau masyarakat sudah sabar sedikit, kalau sumberdaya manusia kita sudah perbaiki, sumberdaya alam kita kelola tanpa merusak lingkungan, pemerintahan dibangun bersih dari KKN ini daerah akan maju, saya jamin 100 persen akan maju, dan itu tema hari ulangtahun kemerdekaan yang ke 75 Indonesia maju, Buton Utara juga harus maju,” pungkasnya