Abu Hasan: Kelola Dana Desa Harus Hati-hati
Keterangan Gambar : Bupati Butur Abu Hasan

Abu Hasan: Kelola Dana Desa Harus Hati-hati

62 views
0

Buranga, Radarsultra.co.id – Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan terus memperingati kepada para kepala desa (Kades) agar berhati-hati dalam mengelola anggaran. Belum lama ini Butur mendapatkan dana desa sebesar Rp 68 miliar.

“Dana desa yang besar tentu sangat menggiurkan. Tak heran banyak masyarakat termotivasi jadi Kades. Karena bisa mengelola anggaran ratusan juta bahkan miliaran,” kata Abu Hasan, Rabu (5/4/2017)..

Dikatakan, anggaran tersebut berasal dari APBN yang diperuntukan bagi 87 desa. Tiap desa dijatah antara Rp 700 juta sampai Rp 1 miliar untuk membangun.

Menurutnya, pengawasan dan peringatan harus kerap dilontarkan agar Kades hati-hati mempergunakan DD. Peringatan itu merupakan instruksi langsung kementerian desa yang meminta kepala daerah proaktif memberikan penjelasan terkait tata kelola dana desa.

Anggaran desa itu juga diporsikan untuk membentuk badan usaha milik desa (BumDes) yang nantinya dimanfaatkan untuk mendorong pertumbahan ekonomi. Selain itu, dana desa juga diperuntukan untuk pembangunan infrastruktur desa terutama sarana olah raga.

Bukan hanya itu, jelas Abu Hasan, dana desa juga bisa dipergunakam untuk pengembangan SDM warga desa dan mendukung petani agar lahan pertaniannya menghasilkan pangan melimpah.

Untuk mensukseskan pembangunan dari desa itu tanpa ada persoalan hukum, Pemda Butur menggandeng jaksa masuk desa.”Kita kerjasama dengan kejaksaan dalam pengawasan. Sehingga tak ada Kades terjerat hukum,”tuturnya. (*)

About author