45 Pejabat Utama Polda Sultra Ikut Latihan Kemampuan Khusus Brimob
Keterangan Gambar :

45 Pejabat Utama Polda Sultra Ikut Latihan Kemampuan Khusus Brimob

294 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id– Sebanyak 45 Pejabat Utama di Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi peserta Latihan Kemampuan Khusus Brigadir Mobil (Brimob) Sultra dan Jajaran. Kamis (30/11/17).

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sultra. Brigjen. Pol. Andap Budhi Revianto, S.IK mengatakan, dari 45 peserta, diantaranya terdiri dari perwira tinggi di Kepolisian Republik Indonesia (RI) yakni Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen. Pol) hingga perwira menengah tingkat kedua di Kepolisian RI Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

“Peserta yang mengikuti latihan tertinggi  Bintang 1 (Satu) yaitu Kepala Dadan Narkotika Nasional (BNN) Sultra, Kemudian yang terendah AKBP,  ataupun letkol. dimana latihan ini sendiri terdiri dari kepala BNN Sultra, Wakapolda kebawah, Irwasda, para kepala biro, para direktur, para wakil direktur termasuk para Kapolres Polda Sultra,” ungkap Brigjend. Pol Andap, Kamis (30/11/2017).

Lanjut Kapolda, tujuan pelatihan itu sendiri, adalah untuk meningkatkan kemampuan personil anggota Polda Sultra dalam mengantisipasi hal-hal yang bisa saja terjadi di luar dugaan, selain itu juga untuk menyiapkan diri dalam melakukan pengamanan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018 dan Pilpres 2019 mendatang.

“Berbagai pertimbangan dalam  pelaksanaan pelatihan ini, dimana menyikapi tantangan dan perkembangan lingkungan strategis, kita bisa melihat bahwa ancaman dari pelaku kelompok kriminal bersenjata sudah terjadi di beberapa tempat di Indonesia, yang terakhir di Papua” lanjut Kapolda.

“Kemudian kita mempunyai agenda yaitu Pemilukada 2018, pemilihan Gubernur dan Pilbup di 3 (Tiga) Kota maupun Kabupaten yang ada, termasuk Tahun 2019 kita akan melaksanakan pengamanan Pilpres, dan menyangkut kondisi geografis kita relatif menjadi tantangan,” tambahnya.

Foto : Foto Bersama di Sela-sela Latihan, Emil Rusmawansyah/Radarsultra.co.id

Mengenai Substansi materi pelatihan, Kapolda Sultra Brigjen. Pol. Andap Budhi Revianto, S.IK sedikit memberikan gambaran bahwa, para peserta akan dihadapkan dengan kondisi lapangan yang nyata dengan medan-medan lapangan yang sulit.

“Substansi materi pelatihan nanti esensinya adalah One Teror, kemudian Jungle Warfare, nanti kita belajar bagaimana pertempuran jarak dekat kurang lebih 25 meter menghadapi medan yang sulit, bagaimana kita mengamankan TKP dengan korban seminim mungkin, serta bagaimana kita melaksanakan bantuan SAR, termasuk juga kita akan ke pantai untuk melakukan latihan kurang lebih 2 mil, bagaimana kita menyelamatkan apabila ada korban kecelakaan di laut,” paparnya.

Dengandiadakannya pelatihan tersebut, Kapolda Sultra mengharapkan agar tiap peserta yang merupakan PJU Polda Sultra agar bisa memberikan contoh terbaik bagi para anggotanya.

“Saya harapkan para pejabat utama tunjukan keseriusan, tunjukan semangat, tidak ada sesuatu yang berat kalau semua itu dilaksanakan dengan semangat dengan ikhlas,”

“Sering saya mengatakan “Lead by the example,” kepemimpinan itu cukup dengan contoh, rekan-rekan PJU tentu perlu menunjukan kepemimpinan lapangan, jadi jangan hanya duduk di belakang meja, tapi juga kita mempunyai performa fisik yang mumpuni,” tukasnya. (B)