Kota Kendari Raih Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Nindya 2021
Keterangan Gambar : Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) 2021 yang diselenggarakan secara virtuaL di rumah jabatan wali kota kendari

Kota Kendari Raih Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Nindya 2021

0

Kendari-Radarsultra.co.id – Dipertengahan Tahun 2021 Kota Kendari berhasil meraih predikat tingkat Nindya dalam Kota Layak Anak 2021 melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) 2021 ini merupakan pengakuan atas komitmen dan peran serta para pimpinan Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan Kota Layak Anak berdasarkan komponen yang menjadi standarisasi KLA melalui implementasi pemenuhan 5 klaster hak anak.

Dalam acara Penghargaan Kota Layak Anak 2021 yang di gelar secara virtual, di Media Center Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Kendari, Kamis (29/7/2021), turut hadir Wakil Wali Kota Kendari, dr. Hj. Siska Karina Imran, SKM, Bunda PAUD Kota Kendari, Hj. Sri Lestari Sulkarnain, beserta Kepala OPD Lingkup Pemkot Kendari.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E., M.Si mengatakan bahwa pada tahun 2021 ini Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kembali menyerahkan penghargaan kepada Kabupaten/Kota yang layak anak dimana tahun 2020 lalu sempat tertunda akibat pandemi Covid-19.

“Besar harapan kami bahwa daerah yang telah mendapatkan prestasi ini dapat menjadi inspirasi dan dapat membagikan praktek baiknya bagi daerah lain sehingga kita dapat bergerak bersama untuk menciptakan lingkungan yang ramah anak menuju Indonesia Layak Anak Tahun 2030 dan Indonesia Emas 2045, ucapnya

Antisipasi Lonjakkan Pasien Covid-19, Tiga Ruang Khusus Disiapkan Pemkot Kendari

Pada kesempatan itu Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir mengucapkan rasa terima kasih atas penghargaan yang diraih Kota Kendari sebagai KLA 2021 kategori Nindya dan dia juga mengapresiasi seluruh jajaran pemkot Kendari serta pihak-pihak yang terlibat atas capaian yang telah diraih serta mengingatkan agar kedepan dapat meningkatkan kualitas Kota Kendari sebagai kota yang layak bagi anak-anak.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa wujudkan Kota Kendari sebagai kota layak anak dengan kategori nindya, ke depannya kita tidak merasa puas dengan apa yang telah dicapai hari ini, karena yang paling penting adalah bagaimana anak-anak kita bisa merasakan bahwa kota ini layak buat mereka” ucapnya

“Masih ada beberapa kekurangan yang perlu kita benahi, dan kita harus sadari itu. Mudah-mudahan kita bisa terus melakukan pembenahan dan kita bisa semakin menghadirkan kota yang layak bagi anak-anak kita di Kendari” Tegasnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran, SKM juga  mengapresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat utamanya tim KLA Kota Kendari yang telah berupaya maksimal dalam memenuhi 24 indikator penilaian KLA.

“Kerja kita tidak sampai disini, karena tugas kita memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh warga kota Kendari, khususnya anak-anak harus terus kita lakukan utamanya menciptakan Kendari yang layak bagi anak,” ujarnya.

Untuk diketahui Kota Kendari berhasil meraih predikat KLA 2021 dengan melewati empat tahapan yaitu, penilaian mandiri, verifikasi administrasi, verifikasi lapangan hybrid dan verifikasi final. Dimana penilaian tersebut diukur melalui pencapaian 24 indikator yang dijabarkan dalam konferensi hak anak dan pedoman pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di seluruh dunia dan seluruh peraturan perundangan terkait anak.

About author