Diduga Tidak Netral, Bawaslu Butur Tindaki 12 ASN
Keterangan Gambar : Ketua Bawaslu Butur, Hazamuddin

Diduga Tidak Netral, Bawaslu Butur Tindaki 12 ASN

636 views
0

Butur, Radarsultra.co.id – Diduga tidak netral dan memihak salah satu Calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Buton Utara 2020, 12 (dua belas) Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Butur kini tengah diproses oleh Badan Pengawas Pilihan Umum (Bawaslu) Butur.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Butur, Hazamuddin kepada awak media, Rabu, (15/07/2020). Ia mengatakan saat ini pihaknya sudah melakukan proses pemanggilan bahkan sudah melakukan rekomendasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait dugaan pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh 12 ASN tersebut.

Kita sudah proses pemanggilan dan kita sudah lakukan rekomendasi ke KASN,”kata Hazamuddin, Rabu (15/07/2020).

Hazamuddin mengungkapkan, sejak sebelum munculnya Pandemi Covid-19, pihaknya sudah menemukan tiga kasus pelanggaran serupa oleh ASN di Butur, jumlah tersebut terus meningkat hingga mencapai 12 kasus saat ini.

Dalam proses penanganannya, Bawaslu Butur tidak ingin berlama-lama, begitu telah memenuhi unsur formil yang telah ditetapkan, para ASN terduga pelanggar langsung diproses dan diserahkan kepada KASN yang akan menindaklanjuti dan memutuskan apakah terduga ASN telah melakukan pelanggaran atau tidak.

Yang penting memenuhi unsur formil, kita langsung proses penanganan. Kita panggil klarifikasi, kalau di duga kuat melakukan pemanggilan kita akan rekomendasi. Yang putuskan bahwa melanggar dan tidak melanggar itu KASN,” ungkapnya.

Menyikapi rentannya pelanggaran disiplin oleh ASN dalam menghadapi Pilkada, Hazamuddin mengimbau kepada masyarakat agar tidak ragu melaporkan apabila mendapatkan indikasi pelanggaran Pemilu.

Yang wajib melaporkan bukan hanya tim penyelenggara, masyarakat juga boleh,” pungkasnya.