102 Ribu Lembar Surat Suara Pilkada Bombana Selesai Dicetak
Keterangan Gambar :

102 Ribu Lembar Surat Suara Pilkada Bombana Selesai Dicetak

Editors choice
154 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Sebanyak 102.351 lembar surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bombana, Senin (2/1/2017) tuntas dicetak oleh sebuah perusahaan di Surabaya, disaksikan KPU dan Panwas Bombana, wakil dari Pasangan Calon dan diawasi dua anggota Polres Bombana.

Ketua Divis Logistis KPU Bombana, Andi Usman, yang dihubungi di Surabaya mengatakan, proses pencetakan oleh PT Temprina Media Grafika–perusahaan pemenang lelang surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bombana 2017 yang dilelang melalui LPSE KPU RI–hanya berlangsung dua jam saja.

“Percetakannya sangat canggih. Kerja mereka juga sangat profesional. Sebanyak 102 ribu lebih surat suara hanya dicetak kurang lebih dua jam,” kata Andi Usman.

Ketgam: Proses Penandatanganan desain surat suara
Jumlah surat suara yang dicetak untuk Pilkada Bombana sama dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen. Jumlah DPT Bombana 99.855, sehingga jika ditambah dua persen rekapitulasinya adalah 102.351.

Selain itu, juga ditambah 2 ribu lembar untuk persiapan pemilu ulang yang diberi cap khusus di dalam surat suara tersebut yakni “Pemilu Ulang”.

“Jadi yang dua ribu lembar itu bukan untuk Pemilih DPTB (Daftar Pemilihan Tambahan Baru seperti yang diberitakan sebelumnya), tetapi persiapan untuk pemilu ulang. Semua yang kita cetak ini, termasuk jumlahnya sesuai dengan Undang-Undang, peraturan KPU dan regulasi lain,” katanya.

Proses selanjutnya setelah percetakan adalah pengepakan. Proses ini membutuhkan waktu dua sampai tiga hari. Kemudian dilakukan proses pengiriman dengan bekerja sama antara perusahaan percetakan dengan PT Pos Indonesia.

“Proses pengepakan ini tetap kami awasi. Anggota Polres Bombana juga terus mengawal sampai pengiriman ke Bombana,” katanya.

Pengiriman surat suara ini dilakukan melalui pesawat udara, yang akan dilaksanakan dua atau tiga hari ke depan.

“Jadi dalam minggu ini surat suara Bombana, Insya Allah aman. Sudah akan tiba di Bombana. Kami akan menyimpan dan mengamankan surat suara itu di gudang KPU yang dijaga ketat 1 X 24 jam,” katanya.

Sementara distribusinya ke PPK di 22 kecamatan, selanjutnya ke desa dan TPS dilaksanakan sekitar 15 hari sebelum hari H atau diperkirakan pertengahan bulan Februari,” katanya.

About author